Apakah itu stem cell (sel punca)?

Indonesian

Apakah itu stem cell (sel punca)?

Tubuh manusia memilik ratusan jenis sel yang berbeda yang penting untuk kesehatan kita setiap hari. Sel-sel ini bertanggung jawab untuk menjaga tubuh kita bekerja setiap harinya, seperti membuat jantung kita berdetak, otak kita berpikir, ginjal membersihkan darah kita, mengganti kulit yang terkelupas, dan seterusnya. Tugas khusus dari stem cell adalah untuk menciptakan berbagai jenis sel tersebut. Stem cell adalah sumber untuk sel-sel baru. Pada saat stem cell membelah, mereka dapat memperbanyak diri sendiri atau menjadi jenis sel yang lain. Contohnya, stem cell di kulit dapat menciptakan lebih banyak stem cell kulit atau mereka dapat membuat sel kulit terdiferensiasi yang memiliki tugas spesifik seperti membuat pigmen melanin.

Mengapa stem cell penting untuk kesehatan anda?

Saat kita terluka atau sakit, sel kita juga terluka atau mati. Saat hal ini terjadi, stem cell menjadi aktif. Stem cell memiliki tugas untuk memperbaiki jaringan yang terluka atau menggantikan sel lain pada saat mereka mengalami kematian rutin. Dengan cara ini, stem cell kita menjaga kita tetap sehat dan mencegah kita dari penuaan dini. Stem cell bertindak seperti pasukan dokter mikroskopis milik kita sendiri.

Apa saja ragam jenis stem cell?

Stem cell memiliki berbagai macam jenis. Para ilmuwan menduga bahwa setiap organ di dalam tubuh kita memiliki stem cell dengan jenis spesifik. Contohnya, darah kita tercipta dari stem cell darah (dikenal juga sebagai stem cell hematopoietik). Namun, stem cell juga terdapat pada tahap terawal dari perkembangan manusia dan saat para ilmuwan menumbuhkan mereka, mereka disebut “stem cell embrionik”. Alasan mengapa para ilmuwan tertarik dengan stem cell embrionik adalah karena tugas alami dari stem cell embrionik ialah untuk membangun setiap organ dan jaringan di tubuh kita selama perkembangan manusia. Yang dimaksud adalah, bahwa stem cell embrionik, tidak seperti stem cell dewasa, dapat berubah menjadi hampir semua ratusan jenis sel manusia lainnya. Sebagai contoh, stem cell darah hanya dapat memciptakan darah, namun stem cell embrionik dapat menciptakan darah, tulang, kulit, otak, dan seterusnya. Selain itu, stem cell embrionik juga diprogram secara alami untuk membuat jaringan dan organ yang tidak dibuat oleh stem cell dewasa. Sehingga stem cell embrionik memiliki kapasitas natural yang lebih besar untuk memperbaiki organ yang sakit. Stem cell embrionik terbuat dari sisa embrio dari pengobatan kesuburan yang masih berumur beberapa hari, dibuat di atas cawan di dalam laboratorium, dan yang toh akan dibuang juga.

What are iPS or induced pluripotent stem cells?

Apakah itu iPS atau induced pluripotent stem cell?

Ilmuwan dan dokter sangat gembira tentang jenis baru stem cell yang dikenal sel “iPS”. Alasan mengapa kita gembira adalah karena sel iPS memiliki sifat yang hampir sama dengan stem cell embrionik, namun tidak terbuat dari embrio. Sehingga sel iPS tidak memiliki permasalahan etik.  Selain itu, sel iPS dapat dibuat dari sel yang bukan stem cell dari tubuh pasien sendiri, yang berarti sel iPS dapat diberikan kembali kepada pasien tanpa resiko rejeksi imun, dimana merupakan permasalahan yang sangat penting bagi transplantasi stem cell manapun.

Apa yang akan terjadi di masa depan dan bagaimana stem cell dapat mengubah cara dokter mengobati anda?

Karena secara alami stem cell memiliki tugas untuk menggantikan sel yang tua atau sakit, para ilmuwan menggagaskan berbagai ide untuk menggunakan stem cell sebagai terapi untuk pasien dengan berbagai macam kondisi medis. Gagasan yang dimakud adalah dengan memberi pasien stem cell atau sel terdiferensiasi yang terbuat dari stem cell, kita dapat menggunakan kemampuan alami sel untuk menyembuhkan pasien hingga sehat kembali. Sebagai contoh, apabila pasien memiliki serangan jantung, dengan memberi pasien sebuah transplantasi stem cell sebagai terapi, tujuan kita adalah untuk membuat stem cell yang ditransplantasi memperbaiki kerusakan di jantung. Populasi alami stem cell yang kita miliki hanya mempunyai kapasitas yang terbatas untuk memperbaiki kerusakan di tubuh kita. Kembali ke contoh mengenai jantung, stem cell yang dimiliki jantung sendiri tidak mampu untuk melaksanakan tugas memperbaiki kerusakan dari serangan jantung, tetapi transplantasi dari jutaan stem cell jauh lebih kuat. Sehingga, dengan memberikan pasien transplantasi stem cell, kita meningkatkan kemampuan tubuh untuk penyembuhan melebihi kapasitas dari stem cell yang terdapat secara alami yang jumlahnya terbatas. Masih ada beberapa tantangan yang perlu diperhatikan sebelum strategi terapi stem cell menjadi umum, termasuk masalah keamanan, karena stem cell dapat menyebabkan tumor, dan rejeksi imun. Meski begitu, stem cell kemungkinan besar akan mengubah dunia kedokteran dan mungkin dalam satu atau dua dekade, sebagian besar dari kita akan kenal seseorang, bahkan mungkin diri kita sendiri, yang memiliki transplantasi stem cell. Stem cell memberikan janji untuk menyembuhkan penyakit-penyakit utama yang dihadapi orang-orang, seperti kanker, penyakit jantung, penyakit Parkinson, sklerosis multipel, stroke, penyakit Huntington, cedera tulang belakang, dan banyak lagi.

Apa saja pengobatan stem cell yang ada sekarang, dan mengapa kebanyakan dokter menyarankan anda untuk hanya mempertimbangkannya dengan hati-hati dan sebagai harapan terakhir?

Saat ini, ada beberapa transplantasi stem cell yang telah teruji oleh ilmuwan yang aman dan juga efektif. Contoh terbaik adalah transplantasi sumsum tulang. Namun, banyak pengobatan stem cell yang belum teruji diiklankan dan ditawarkan di seluruh dunia. Sering kali pengobatan tersebut mendapatkan banyak perhatian di media ketika selebriti seperti bintang olah raga menjalani pengobatan ini. Umumnya, para ilmuwan dan dokter di bidang stem cell memperingatkan pasien untuk menjauhi pengobatan tersebut karena belum jelas apakah pengobatan tersebut benar-benar berfungsi dan aman. Para pasien telah meninggal dari pengobatan tersebut. Dimana sebenarnya sangat masuk akal untuk mempertimbangkan semua pilihan saat menghadapi penyakit atau kondisi yang tidak dapat disembuhkan, kami menyarankan anda untuk hanyan mempertimbangkan pengobatan tersebut sebagai harapan terakhir dan setelah berdiskusi dengan dokter pribadi anda.

Translation by: Yanuar Alan Sulistio

21 thoughts on “Apakah itu stem cell (sel punca)?


  1. banyak terapi stem cell melalui tanduk rusa,buah2an dan gangang dari danau oregon USA yg terakhir sktr 95% pasien mengalami kemajuan pemulihan yg signifikan spt penyakit stroke,diabetus,kanker hati ,wasir kronis


  2. Penelitian mana yg mengatakan stemcell mengakibatkan tumor dan rejeksi imun? Sy cari d google gak ketemu. Teman sy kena kanker tipe 1 mendapat “adult stemcell” & “embrio stemcell” 1,5th lalu&skrg tdk minum obat& tdk ada indikasi tumor atau rejeksi imun


  3. Apakah stemcell hewan dan tumbuhan bs mengakibatkan tumor dan rejeksi imun? IPS termasuk stemcell bersifat pluripotent,multipotent? Apakah IPS jg berdampak pada HGH(human growth hormon)?


  4. Dear feki, setau sy stemcell dewasa/adult bs menyembuhkan saraf, otot, jaringan,darah. Tp harganya yg mahal, d surabaya 50jt sekali suntik stemcell dan biasanya 4x terapi. Utk biaya yg lbh murah bisa pake stemcell hewan atau reseptor stemcell dr tumbuhan


  5. Apakah stem cell bisa juga buat terapi kerosakan otak yg diakibatkan oleh kuman TB miningitis, dimana sekarang anak sy lumpuh akibat kerosakan otak tersebut


  6. Ada jenis stemcell yg bagus digunakan untuk berbagai macam keluhan saudara saudara…dan sdh bnyak yg mmbuktikan dgn mengkonsumsi secara teratur.. Alhamdulillah banyak terlihat perubahan..itu dr saudara sy..yg komplikasi penyakit jantung paru paru jg diabetes…yg pada mulanya dia sulit untuk makan krna muntahmuntah dan jg sulit tidur…sekarang Alhamdulillah banyak perubahan..dan stemcell ini telah asuransikan oleh perusahaan sebesar 12 miliyar..kalau produk g bagus tentunya perusahaan g berani bertaruh sebesar itu…ya mmg harga mmbawa kwalitas..


    • Cell food atau stemcell food?? Ini dua hal yang berbeda. Stemcell dpt menghasilkan beberapa macam sel, tergantung sifatnya yg multipotent atau pluripotent. Sedangkan sel hanya beregenerasi menjadi sel yg sama, monopotent.


  7. Isteri saya 74 th telah operasi lutut dg penggantian titanium sekitar 8 bulan lalu. Hasil operasi baik namun sampai sekarang isteri belum kuat berjalan. Otot2 lemah , tulang sering nyeri / linu . Apakah bisa dilakukan dengan metode stem cell dan dimana ? Saat ini kami tinggal di Jakarta. Mohon jawaban dan sebelumnya terima kasih.

Leave a Reply